Belajar Online 31 Cara murah dan mudah dalam belajar

14 Januari 2014

Belajar online – Menginstal ATK Framework

ATK Framework merupakan salah satu framework PHP seperti codeigniter ataupun zend framework. Di Indonesia framework ini belum terlalu terkenal bahkan mungkin beberapa programmer baru mendengar ada framework php bernama ATK Framework. Dengan menggunakan ATK Framework anda hanya butuh 10 baris script untuk membuat CRUD (create read update delete).
Untuk memulainya anda bisa unduh aplikasinya di websitenya langsung http://www.atk-framework.com/download/files . Setelah selesai  diunduh , extrak dan taruh folder atkdemo-6.5.0 di dalam folder web server anda. Untuk menginstal databasenya silahkan buka folder atkdemo-6.5.0 kemudian cari file install_mysql.sql. Jalankan query didalam file tersebut tetapi sebelumnya bikin dulu databasenya.
Setelah aplikasi dan databasenya sudah ada, sekarang buka file config.inc.php. cari dan edit scriptnya seperti dibawah :
  $config_db["default"]["driver"]   = "mysqli";  à  database yg digunakan
  $config_db["default"]["host"]     = "localhost"; à host database
  $config_db["default"]["db"]       = "atkdemo"; à nama database
  $config_db["default"]["user"]     = "demo"; à username database
  $config_db["default"]["password"] = "demo"; à password database, kosongin jika tidak pakai password.
Setting DB sudah selesai. Buka aplikasinya http://localhost/atkdemo-6.5.0/. Akan muncul halaman login. Dikarenakan masih pertama kali dan user belum dibikin maka untuk login anda  pakai login super admin yang otomatis sudah disediakan oleh atk.
Username = administrator
Password= demo
Untuk mengganti password super admin tersebut anda bisa buka file config.inc.php dan cari script : $config_administratorpassword = "demo"; . Ganti kata “demo” sesuai dengan yang anda inginkan.

Halaman setelah login



Demikian cara menginstal ATKFramework. Tunggu artikel selanjutnya untuk bagaimana cara menggunakan ATK Framework.

Tidak ada komentar: